Kamis, 13 Juni 2013

Hardware and Software

 HARDWARE DAN SOFTWARE

Disusun Guna Memenuhi Tugas Semester Genap
Mata Kuliah :
Teknik Komunikasi dan Informasi
Dosen Pengampu :
M. Chodzirin, M. Kom.

 











Disusun Oleh :
LAYINATUL AFIDAH                          111111004

FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
WALISONGO SEMARANG
201
3

I.       PENDAHULUAN

            Kata komputer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefinisikan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Destionary of  Etomology, kata tersebut di gunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk “ orang yang menghitung “ kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai “ alat hitung mekanis “. Selama perang dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja  wanita Amerika Serikat  dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung. Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain  itu, berbagai alat masin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.
            Komputer merupakan sekumpulan peralatan elektronik yang saling berkaitan antara componen satu dan komponen yang lainnya sehingga dapat digunakan untuk memasukkan data, memproses data, dan menghasilkan informasi. Perifial adalah perangkat input/ output yang merupakan bagian dari pendukung system.  Komputer terdri dari 4 (empat) komponen penunjang utama yaiti perangkat masukan (input device),  perangkat pemerosesan (CPF), perangkat  penyimpanan ( storage device )  dan perangkat keluaran  (output device). Dalam makalah ini akan saya bahas tentang unit masukan dan keluaran khususnya tentang  jenis-jenis, prinsip dan teknik input/output device serta beberapa jenis media penyimpan.

II.    RUMUSAN MASALAH

1.      Bagaimana pengertian dan bagian-bagian Hardware ?
2.      Bagaimana pengertian dan bagian-bagian Software ?

III. PEMBAHASAN

1.      Apa pengertian, fungsi, dan bagian-bagian Hardware ?
      Hardware (perangkat keras ) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroprasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak  (software) yang menyediakan instuksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
           Berikut adalah beberapa contoh perankat keras komputer dan kegunaanya:
a.       Monitor
            Adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monotor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbgai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi.
b.      CPU
Dalam arsitektur Von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah unit  Aritmatika dan Logika, dan sebuah unit kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC – Integreted Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit).
            Unit Aritmatika dan Logika, atau AritmaticLogic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan arimatika (tambahan, pngurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan “ kerja “ yang nyata.
            Unit Kontrol menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanakan dan mendapat kembali informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Sekali yang terjadi, unit kontrol pergi ke perintah berikutnya (biasanya ditempatkan di slot berikutnya, kecuali kalau perintah itu adalah perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer bahwa perintah berikutnya di tempatkan di lokasi lain).
            CPU memiliki bagian-bagian perangkat sebagai berikut :
Ø  Motherboard
            Adalah papan sirkuit tempat sebagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo. Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
Ø  RAM
            Ram (Random Access Memmori) adalah memori utama komputer yamg berfungsi untuk membaca dan menuliskan data. Dengan keberadaan RAM, maka kita bisa menjalankan 2 aktivitas seklaigus dalam sebuah komputer yaitu menulis dan membaca data . RAM dapat dibedakan menjadi :
-          SDRAM
      Digunakan umumnya pada komputer pentium 2 sampai awal pentium 4, pada AMD, digunakan pada K5 K6 dan K7 awal (Duron, Athlon) terdapat 2 buah notch, memiliki jumlah pin 168, sehingga pada suatu sisi pin  terdapat angka 1, angka 85, angka 86 dan angka 168. SDRAM memiliki kecepatan yang biasa dikenal dengan istilah PC , yaitu PC-66, PC-100, PC-133 dan PC-150.
-          DDR SDRAM
      Digunakan pada intel yaitu pada pentium III (tidak semua) dan pentium 4 (pertengahan 1,7 GHz-2,4GHz), pada AMD, DDR digunakan pada Duron dan Athlon XP, bahkan Athlon 64 juga ada yang menggunakan memori ini. Perbedaan dengan SDRAM adalah pada notch (coakan) yang ada, pada DDR hanya terdapat 1 notch, yaitu di bagian tengah agak menjauhi pin nomer 1, jumlah pin dari DDR ada 184 pin sedangkan kecepatan DDR 2 adalah , PC-1600 (DDR 200), PC-2100 (DDR 266), PC-2700 (DDR 333), dan PC-3200 (DDR 266).
Ø  Hard hisk
            Hard disk atau bisa juga harddrive, fixed disk, HDD atau cukup hard disk saja, adalah media yang digunakan untuk menyimpan file sistem  dan data dalam komputer.  Hard disk terdiri drai atas tiga bagian utama, yaitu piringan magnrtik, bagian mekanis, serta head untuk membaca data. Piringan tersebut dugunakan untuk menyimpan data, sedangkan bagian mekanis bertugas memutar piringan tersebut.
-          Disk ATA/EIDE
      Hard disk dengan tipe EIDE  (Enhanced Integrated Drive Electronic) atau tipe ATA (Advanced Technology Attachment) adalah standar versi terbaru suatu antar muka disk yang sesuai untuk koneksi ke bus, banayak produsen disk memiliki rentang disk dengan antar muka EIDE/ATA, disk semacam itu dapat dihubungkan langsung ke bus PCI, yang digunakan pada banyak PC (personal computer). Keuntungan drive EIDE/ATA yang signifiakan  adalah harganya yang cukup murah, karena penggunaannya di pasaran PC. Salah satu kekurangan utamanya adalah diperlukan kontroler  terpisah untuk meningkatkan performa. Salah satu produsen chip yang terkenal sudah menyertakan kontroler yang memungkinkan disk EIDE/ATA dihubungkan ke motherboard.
-          Disk  SCSI
      Banyak disk memiliki antar muka yang didesain untuk koneksi ke bus SCSI standar. Disk tersebut cenderung lebih mahal, tetapi mempunyai performa yang lebih baik, yang dimungkinkan karena kelebihan bus SCSI dari pada bus PCI. Akses yang bersamaan dapat dilakukan ke bnayak disk drive karena antar muka drive tersebut siap untuk transfer data. Hal ini terutama berguana dalam aplikasi dimana terdapat sejumlah besar request untuk file kecil, yang sering terjadi dalam komputer yang digunakan sebagai file server.
-          Disk RAID
      Menjanjikan performa yang luar biasa dan menyediakan penyimpanan yang besar dan handal. Disk tersebut du gunakan baik dalam komputer performa tinggi atau dalam  sistem yang memerlukan keandalan yang lebih tinggi  dari tingkat normal. Akan tetapi, dengan semakin menurunnya harga ke tingkat yang lebih terjangkau, disk tersebut  menjadi lebih menarik bahkan untuk sistem komputer dengan ukuran rata-rata.
-          Disk SATA
      Hard disk dengan tipe SATA (Serial Advanced Technolgy Attachment), yaitu interface disk ATA (Advanced Technology Attachment) dengan versi serialnya menggunakan kabel tipis yang memiliki total kabel kecil sekitar dua periga dari total kabel hard disk dengan tipe EIDE atau ATA disk yang berjumlah 39 pins dan SATA mempunyai pengiriman data sangat tinggi serta mengurangi latensi. Bus serial ini mampu melebihi kecepatan bus paralel.
-          SATA
      Dalam mentransfer data secara berurutan atau serial lewat kabelnya dan juga secara teknik SATA mmmenyusun sendiridisk yang tersambung ke dalam motherboard tanpa adanya sistem master ataupun slave, sehingga kabel SATA  hanya dapat digunakan pada satu hard disk. Tipe hard disk yang telah di bahas ini, semuanya masuk dalam kategori internal hard disk, maksudnya yang di install di dalam CPU. Selain internal hard disk ada juga eksternal hard disk (hard disk yang berda di luar CPU) jadi  bisa di pindah-pindahkan. Eksternal hard disk mempunyai kecepatan rotasi 7200rpm, pemasangannya sangat mudah, tidak perlu membongkar PC dan hanya denan menghubungkan port USB ke PC, dan dapat mentransfer data 480Mbps.
Ø  Processor
            Processor di sebut juga otak dari komputer semakin bagus tipe processor maa semakin mahal pula komputer, maka processor  disebut sebagai inti drai komputer. Fungsi processor adalah untuk memproses smua kegiatan yang dilakukan komputer, yang di request penguna.
Ukuran processor adalah MHz (Mega Herts) yaitu hitungan kecepatan dalam mengolah data/informasi.
Beberapa jenis processor :
-          Processor pentium I   75 MHz-200 MHz dst
-          Processor pentium II  650 MHz-450 MHz dst
-          Processor pntium III   650 MHz-950 MHz dst
-          Processor pentium 4 1,3 GMHz-3,0 GHz dst

2.      Apa pengertian, fungsi, dan bagian-bagian Software ?

      Software ( perangkat lunak ) adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer.Fungsi software yaitu : mengidentifikasi program, menyiapkan aplikasi program agar tata kerja seluruh
peralatan terkontrol mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien
.  Secara garis besar perangkat lunak (software)  komputer juga masih dapat digolongkan menjadi 2 bagian, yaitu :
a.       Sistem Operasi
            Program dasar  pada komputer  yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, windows, dan OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi  program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
b.      Sistem Aplikasi
            Perangkat lunak aplikasi adalah suatu sub kelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan  komputer  langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya  dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan  pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasiadalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.



IV. KESIMPULAN

            Software adalah komponen dalam data processing system yang berupa program-program dan teknik-teknik lain untuk mengontrol sistem. Istilah software ini pada umumnya untuk menyatakan cara-cara yang menghasilkan hubungan yang lebih efisien antara manusia dan mesin komputer. Dalam software banyak terdapat fungsi dan bagian-bagiannya.Sedangkan Hardware (perangkat keras ) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroprasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak  (software) yang menyediakan instuksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
           
V.    PENUTUP

Demikian makalah yang dapat kami sampaikan, pasti dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan,untuk itu kritik serta saran dari dosen maupun teman-teman sangat kami butuhkan demi perbaikan makalah selanjunya.  











DAFTAR PUSTAKA





















VI. KESIMPULAN















VII.                      PENUTUP

Demikianlah penyusunan makalah ini tentunya masih ada kekurangan dari segi penulisan, materi maupun refrensi maka kritik dan saran yang membangun dari dosen pengampu, dan teman-teman atau pembaca lainnya sangat kami harapkan, demi tercapainya makalah yang lebih baik dimasa yang akan datang. Terima kasih.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar